Kamis, 22 Maret 2012

Bab 3

Akses Internet

Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

1. Internet Explorer
          Internet Explorer merupakan browser bawaan dari sistem operasi Windows. Internet Explorer sudah mengeluarkan berbagai versi. Hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan WebSideStory sebagai penganalisa web, menunjukkan bahwa pengguna Internet Explorer saat ini mencapai 93,7 %.


2. Mozilla Firefox
          Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antarplatfrom gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.



Mesin Pencari

1. Google
          Google merupakan mesin pencari yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh orang banyak.


2. Altavista
           Altavista merupakan salah satu mesin pencari terbesar yang mampu menampilkan informasi dan basis data situs lain.



3. Excite
          Mesin pencari Excite dapat diakses di alamat http://www.excite.com.


4. Yahoo
          Mesin pencari Yahoo dapat diakses di alamat http://www.yahoo.com atau bisa juga di http://www.yahoo.co.id.


5. Scirus
          Scirus adalah mesin pencari khusus untuk ilmu pengetahuan. Scirus menambahkan sidebar yang menyaring hasil-hasil pencarian untuk akurasi maksimal.


6. FinQoo
          FinQoo adalah sebuah mesin pencari META tag. walaupun mirip dengan Yahoo dan Google, FinQoo menambahkan tipe pencari ini ke dalam mesin pencari yang lebih baru.


7.Alltheweb
          Alltheweb dapat digunakan untuk mencari informasi di situs-situs internet.


Layanan Internet

1. E-mail
          Fasilitas e-mail adalah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan. Jika dianalogikan, e-mail memiliki fungsi yang sama dengan pengiriman surat melalui Kantor Pos. Tetapi memiliki beberapa perbedaan antara mengirim surat melalu e-mail dengan mengirim surat melalui Kantor Pos, di antaranya: 
  • Jumlah lembar kertas surat yang akan dikirim tidak terbatas karena diukur dengan ruang dalam penyimpan (bytes).
  • Pengiriman pesan atau surat melalui e-mail dapat dilakukan  ke banyak orang sekaligus.
  • Pengiriman pesan atau surat melalui e-mail akan mempercepat waktu pengiriman.
  • Pengiriman melalui e-mail tidak dipengaruhi keadaan cuaca
2. Mailing List (Milis)
          Mailing List merupakan kumpulan atau daftar (list) orang-orang yang memiliki kegemaran atau profesi yang sama. Misalnya beberapa orang siswa yang gemar olahraga dapat membuat milis "Siswa Olahraga", guru-guru dapat membuat milis "Guru", dan sebagainya. Pesan yang sampai kepada seorang anggota milis akan disebarkan secara otomatis kepada anggota milis lainnya.
3. Chatting
          Kata dasar chatting adalah chat yang artinya berbincang atau ngobrol. Dengan fasillitas chatting kamu bisa langsung berkomunikasi dengan orang lain yang sama-sama sedang online di internet.
          Chatting merupakan sarana yang paling murah bagi para pengakses untuk berkomunikasi secara tekstual. chatting menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Perkembangan teknologi komputer dan jaringan telah melahirkan kemampuan chatting yang disertai suara (sound). Komunikasi lisan melalui chatting sama dengan komunikasi melalui pesawat telepon.


4. File Transfer Protocol (FTP)
          Melalui Internet, kamu juga dapat mengirim berkas (filea) yang berisi tulisan, gambar, animasi, musik, atau game kepada temanmu. Ini dapat dilakukan karena Internet menyediakan fasilitas leyanan berupa File Transfer Protocol (FTP).
5. Telnet
          Fasilitas Telnet memungkinkan kamu untuk mengakses sebuah komputer dalam jaringan internet seperti layaknya kamu bekerja pada komputer kamu sendiri. Orang yang mengakses harus memiliki alamat IP, user, ID, dan password dari komputer rekannya agar dapat mengakses secara langsung.
6. Teleconference (Konferensi Jarak Jauh)
          Aplikasi chatting terus dikembangkan sampai terciptanya voice chat, yang kemudian menjadi teleconference. Caranya adalah dengan menambahkan sound card, termasuk VoIP blaster untuk mengompres suara sehingga kualitasnya dapat dipertahankan. Tujuannya adalah agar para pengakses yang menggunakan Internet dapat melakukan percakapan jarak jauh dengan saling memandang satu sama lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar